Senin, 04 Juli 2011

Organisasi menumbuhkan jiwa kepemimpinan


Manusia merupakan makhluk hidup yang paling sempurna, dibandingkan dengan mahkluk hidup yang lain. Manusia mengalami perubahan baik berupa psikologis maupun fisiologis. Semakin banyak adaptasi dan interaksi,  semakin bertambahlah pengalaman yang didapat. Pengalaman tersebut akan dijadikan standarisasi dalam mengelolah kehidupan yang lebih baik.
Seperti halnya ketika berorganisasi. Yang banyak melakukan interaksi dan beradaptasi antar anggotanya. Organisasi menurut James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan  (perkumpulan) untuk mencapai tujuan bersama.Di dalam organisasi harus ada pimpinan yang menjadi pemimpin dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu, kita bisa menunjang keperibadian untuk menjadi pemimpin pada diri kita. Tidaklah mudah, karena seorang pemimpin harus memiliki kreativitas dan disiplin ilmu yang tinggi. Jadi semua elemen yang ada di dalam organisasi harus belajar agar bisa menjadi pemimpin yang baik. Namun organisasi saat ini tidak begitu di minati di kalangan mahasiswa. Padahal jika mahasiswa hanya kuliah saja tanpa mengikuti organisasi maka dia tidak bisa mengembangkan potensi dirinya.
Jika melihat secara mendalam, organisasi juga merupakan dunia kedisiplinan yang berorientasi pada sifat tanggungjawab serta bisa belajar. Seseorang yang berkecimpung dalam organisasi bisa dipimpin dan memimpin serta mempelajari skill untuk menjadi pemimpin. Banyak orang yang tidak mau dipimpin (karepe DW), ada juga yang otoriter ketika menjadi seorang pemimpin. Orang yang seperti ini merupakan tipelogi orang yang tidak mengerti tentang organisasi.
Jadi seorang pemimpin memang tidak mudah, karena memimpin adalah sebuah seni yang mana seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi dan mengayomi orang lain agar bekerjasama sesuai dengan baik  demi tercapainya tujuan yang telah dicita-citakan. Dengan demikian kepemimpinan membutuhkan peran dari manajemen, agar bisa mengatur semua bawahannya. Tidak semua orang yang menduduki jabatan pemimpin memiliki kemampuan untuk memimpin dengan baik, sebaliknya banyak orang yang memiliki bakat kepemimpinan tetapi ht dak pernah mendapat esempatan untuk menjadi pemimpin dalam arti yang sebenarnya
Oleh itu, partisipasi seseorang dalam sebuah organisasi sebenarnya banyak memberi manfaat kepada dirinya sendiri juga kepada orang lain. Selain bisa melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin, kita juga bisa mulai bersosialisasi dengan masyarakat sekeliling yang dekat dengan kita. Penting bagi kita untuk memupuk semangat keorganisasian dalam diri sendiri untuk menumbuhkan jiwa kepimpinan dan kewibawaan.

0 komentar:

Posting Komentar

bener

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites